BIMTEK AKREDITASI PUSKESMAS

BIMTEK AKREDITASI PUSKESMAS MEMBAHAS TUNTAS 5 BAB LENGKAP.

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, Puskesmas wajib diakreditasi secara berkala minimal tiga tahun sekali. 

PENGERTIAN AKREDITASI PUSKESMAS

Akreditasi puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga penyelenggara independen akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas secara berkesinambungan

TUJUAN AKREDITAS PUSKESMAS

Tujuan diberlakukannya akreditasi puskesmas adalah untuk membina puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya untuk terus memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan risiko manajemen. 

Pelayanan kesehatan primer yang mencakup peningkatan, pencegahan, pengobatan, serta pemulihan. Akreditasi puskesmas berkaitan erat dengan dimensi kualitas pelayanan. Seperti yang disebutkan dalam beberapa penilaian standar penilaian akreditasi puskesmas salah satunya yaitu pada bagian Peningkatan Mutu Puskesmas (PMP) dimana disebutkan bahwa perbaikan mutu dan kinerja Puskesmas konsistensi dengan tata nilai, visi, misi dan tujuan Puskesmas, dipahami dan dilaksanakan oleh Pimpinan Puskemas, Penanggungjawab Upaya Puskesmas dan Pelaksana. Melalui akreditasi, diharapkan pihak manajemen Puskesmas dapat menerapkan Prosedur Standar dengan baik sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kualitas yang diberikan oleh Puskesmas, akan menimbulkan persepsi pasien terhadap pelayanan yang diberikan kepadanya.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami Pusat Diklat Pemerintahan Daerah (PUSDIKPEMDA) akan menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis mengenai :

“AKREDITASI PUSKESMAS”

Diselenggarakan Pada :

Bulan Juli 2025

Rabu – Sabtu, 02 s.d. 05 Juli 2025, Hotel Luminor Mangga Besar, Jakarta
Rabu – Sabtu, 09 s.d. 12 Juli 2025, Hotel Fave Braga, Bandung

Rabu – Sabtu, 16 s.d. 19 Juli 2025, Hotel Ibis Style Malioboro, Yogyakarta
Rabu – Sabtu, 23 s.d. 26 Juli 2025, Hotel Yello Harmoni, Jakarta

Bulan Agustus 2025

Rabu – Sabtu, 06 s.d. 09 Agustus 2025, Hotel Mercure Kota, Jakarta
Rabu – Sabtu, 13 s.d. 16 Agustus 2025, Hotel Harmoni Suites, Batam
Rabu – Sabtu, 20 s.d. 23 Agustus 2025, Hotel J4 Legian Kuta, Bali
Rabu – Sabtu, 27 s.d. 30 Agustus 2025, Hotel Fashion Legian Kuta, Bali

Bulan September 2025

Rabu – Sabtu, 03 s.d. 06 September 2025, Hotel Almadera, Makassar
Rabu – Sabtu, 10 s.d. 13 September 2025, Atanaya Hotel Kuta, Bali

Rabu – Sabtu, 17 s.d. 20 September 2025, Hotel Hi Senen, Jakarta
Rabu – Sabtu, 24 s.d. 27 September 2025, Hotel Neo Gubeng, Surabaya

Bulan Oktober 2025

Rabu – Sabtu, 01 s.d. 04 Oktober 2025, Hotel Fashion Legian Kuta, Bali
Rabu – Sabtu, 08 s.d. 11 Oktober 2025, Hotel Mercure Kota, Jakarta
Rabu – Sabtu, 15 s.d. 18 Oktober 2025, Hotel Pacific Place, Batam

Rabu – Sabtu, 22 s.d. 25 Oktober 2025, Hotel Almadera, Makassar

Bulan November 2025

Rabu – Sabtu, 05 s.d. 08 November 2025, Hotel J4 Legian Kuta, Bali
Rabu – Sabtu, 12 s.d. 15 November 2025, Hotel Tunjungan Plaza, Surabaya
Rabu – Sabtu, 19 s.d. 22 November 2025, Hotel Lombok Raya, Lombok
Rabu – Sabtu, 26 s.d. 29 November 2025, Hotel Neo Gubeng, Surabaya

Bulan Desember 2025

Rabu – Sabtu, 03 s.d. 06 Desember 2025, Hotel Luminor Mangga Besar, Jakarta
Rabu – Sabtu, 10 s.d. 13 Desember 2025, Hotel Pacific Palace, Batam
Rabu – Sabtu, 17 s.d. 20 Desember 2025, Hotel Almadera, Makassar

Informasi untuk pendaftaran rombongan maupun perorangan :
  1. Konfirmasi pendaftaran hub Kontak person Telpon/WA. 082 11 2222 642, Kantor 021-21470808; Email : pudikpemda@gmail.com paling lambat 3 hari kerja sebelum pelaksanaan.
  2. Undangan resmi kami kirim melalui Faks, Email, dan atau Wa setelah ada konfirmasi.
Fasilitas bagi peserta :
  1. Penginapan selama 4 hari 3 malam (bagi peserta menginap).
  2. Pelatihan selama 2 hari.
  3. Bahan / modul ajar narasumber.
  4. Kit pelatihan dan alat tulis.
  5. Paket meeting.
  6. Tanda peserta dan souvenir ( Tas ekslusif ).
  7. Komsumsi makan pagi, siang, malam dan 2 kali coffe break ( bagi peserta menginap selama 4 hari 3 malam ).
  8. Komsumsi makan siang dan 2 kali coffe break selama pelatihan berlansung ( bagi peserta tidak menginap ).
  9. Fasilitas lainnya : Antar jemput bagi peserta rombongan minimal 6 orang.
Biaya konstribusi pelaksanaan :
  1. Rp. 4.500.000,- ( bagi peserta menginap ).
  2. Rp. 3.500.000,- ( bagi peserta tidak menginap ).
Informasi :

Kontak person permintaan undangan, Handphone/WA : 082 11 2222 642 , Kantor : 021-21470808; Email : pudikpemda@gmail.com. PUSAT DIKLAT PEMERINTAHAN DAERAH ( PUSDIKPEMDA ), TERIMA KASIH.

Catatan :
  1. Jadwal yang telah diposkan dan telah terlaksana, apabila ingin mengikuti pelatihan dengan materi tersebut harap dikonfirmasi untuk melakukan penjadwalan;
  2. Kami melayani penyelenggaraan kegiatan di seluruh provinsi, kabupaten dan kota disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 8 peserta lokasi jakarta; minimal 10 peserta lokasi luar jakarta)